Pengukuhan Paskibraka 2022

Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang mengukuhkan 23 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2022, Senin (15/8/2022), sore, yang dilangsungkan di Aula Banama Tingang.

Paskibraka yang dikukuhkan tersebut nantinya akan bertugas pada Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tingkat Kabupaten di halaman Kantor Bupati Pulang Pisau.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan pembacaan pengantar pengukuhan seluruh anggota Paskibaraka secara bersamaan mengucapkan ikrar dan prosesi mencium bendera merah putih, yang dipimpin oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Sukarja.

“Dengan nama Tuhan yang maha pengasih dan penyayang, semoga berkah dan keselamatan, Tuhan limpahkan kepada saudara-saudara yang hadir di sini. Puji syukur kita panjatkan kepada tuhan seru sekalian alam, zat tunggal, maha pencipta semua ini. Sebagai makhluk, marilah kita bersyukur kepada alkhalik, bahwa akhirnya kita telah menyelesaikan suatu upaya dengan selamat. Adik-adik calon paskibraka, pada akhir pelatihan ini, adik adik harus lebih mengenal jati diri sebagai generasi penerus bangsa dan di tuntut untuk bersikap dan berperilaku sesuai dengan pancasila dalam kehidupan sehari hari.” Ucap Sukarja dalam Pengantar Ikrar yang dibacakannya.

Kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan yang dipimpin oleh Bupati Pulang Pisau kepada seluruh anggota Paskibaraka.

“Dengan memohon rida Tuhan Yang Maha Esa, saya selaku Bupati Pulang Pisau mengukuhkan saudara-saudara sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di halaman Kantor Bupati pada tanggal 17 Agustus 2022. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam menjalankan tugas Negara,” ucap Bupati saat mengukuhkan paskibraka tersebut.

Bupati Pulang Pisau pada kesempatan itu juga mengucapkan selamat atas terpilihnya menjadi anggota paskibraka Kabupaten Pulang Pisau. Dirinya berharap, anggota paskibraka tersebut nantinya harus mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar yang berprestasi, berdisiplin dan bermoral serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.

“Selamat kepada anggota Paskibraka Kabupaten Pulang Pisau tahun 2022, tugas adik-adik bukan hanya sebagai pasukan pengibar bendera pusaka pada upacara HUT Kemerdekaan saja, tetapi harus mampu menjadi teladan sebagai pelajar yang berprestasi, disiplin, serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi,” imbuhnya.

Kemudian, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada para pembina, pembimbing, dan pelatih atas segala usaha serta kesabaran dalam membimbing putra-putri terbaik Kabupaten Pulang Pisau itu selama proses latihan.

“Apabila selama proses latihan berlangsung terdapat kesalahan ataupun kekeliruan, semoga dapat dijadikan pelajaran untuk maju lebih baik lagi di masa yang akan datang,” tukasnya.

Usai pengukuhan, Bupati Pulang Pisau beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan diikuti pejabat pemerintah lainnya memberikan ucapan selamat kepada anggota Paskibraka , diakhiri dengan foto bersama.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*